Apa itu File RAR dan Fungsinya

May 23, 2017


Bagi anda yang familiar dengan penggunaan komputer pasti akan langsung mengenal dua tipe file ini: Zip dan RAR. Zip dan Rar merupakan file kompresi yang memungkinkan beberapa file untuk dikumpulkan menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil. Zip dan Rar dapat memudahkan pemidahan file-file anda dalam satu paket. File tersebut juga akan lebih mudah dipindahkan karena ukurannya yang diperkecil atau dikompress. Format file Zip dan Rar seringkali digunakan orang-orang untuk membuat ukuran suatu file agar menjadi lebih kecil. Jika anda sering mendownload berbagai file dari internet, maka akan anda temui file-file Zip dan Rar di berbagai file hosting. Uploader sengaja mengkompress file-file tersebut agar proses unggah dan download menjadi lebih cepat.
Namun apakah Zip dan Rar merupakan satu tipe file yang sama? tidak. Zip dan Rar memang memiliki fungsi yang hampir sama, namun mereka adalah dua tipe file yang berbeda. Anda mungkin bertanya-tanya apakah perbedaan dari kedua file ini.


ZIP
RAR
Program ekstraksi
Sudah banyak built-in di berbagai platform
Hanya di beberapa platform yang sudah built-in
Kompresi
Proses yang cepat, hasil kompresi tidak jauh berbeda
Proses yang lama, hasil kompresi lebih kecil
Format
.zip dan .zipx
.r01, .rar, .r00 dan .rev
Ukuran kompresi
Maksimal 2 GB
Tidak terbatas
Algoritma yang dipakai
Deflate
LZMA
Penemu
Phil Katz
Eugene Roshal
Keamanan
Mendukung pengaturan password enkripsi
Perlu program tambahan untuk mengatur password

Kemudahan Ekstraksi

Untuk mengekstrak file rar maupun zip diperlukan program ekstraksi tertentu. Program ekstraksi ini akan mengeluarkan file yang terkompresi dalam sebuah file rara atau zip ke folder pilihan anda. namun ada perbedaan terkait proses ektraksi antara rar dan zip ini. yakni terletak pada kemudahan ekstraksinya. Zip lebih mudah untuk diekstrak di pernagkat manapun daripada rar. banyak platform-platform yang telah dilengkapi dengan ekstraktor zip di dalamnya (built in). Sedangkan rar software ekstraksi rar hanya terbuilt-in di beberapa platform saja. Anda diharuskan untuk mengintal software tambahan agar dapat mengekstraksi file rar. Akan sangat menyulitkan bila anda menerima file rar dari teman anda namun perangkat anda belum memiliki software ekstraksi rar. akan lebih mudah apabila teman anda mengirimkan file zip pada anda.

Proses kompresi data

Hal yang membedakan zip dan rar juga terletak pada proses kompresi datanya. Dalam segi kecepatan, zip lebih unggul daripada rar. zip dapat mengkompresi atau memperkecil file-file ada dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini karena zip memang memfokuskan pada kecepatan kompresi, bukan hasil akhir kompresi yang dilakukan. namun anda tidak perlu khawatir, semakin cepat kompresi bukan berarti data anda akan rusak. Kecepatan kompresi zip yang tinggi tetap menjaga keutuhan data anda tanpa merusak bagian-bagiannya. Bagi anda yang membutuhkan proses kompresi yang cepat dan mudah, anda dapat memilih menggunakan zip daripada rar.

Limit kompresi

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa zip memiliki kecepatan kompresi yang lebih tinggi daripada rar. dan inilah yang membuat zip lebih terkenal daripada rar. namun apakah kondisi ini membuat rar tidak diminati masyarakat? Rar tetap eksis dan diminati oleh orang-orang. Malah ada banyak orang yang lebih memilih menggunakan rar daripada zip.
Rar dilirik banyak orang karena letak kelebihannya pada ukuran file kompresi. Rar memiliki limit kompresi yang sangat besar yaitu 8,589,934,591 GB. Dengan ukuran file sebesar ini, anda sama saja dengan mengkompresi file secara tidak terbatas dalam satu folder rar. kelebihannya ini membuat rar dilirik oleh orang-orang yang perlu mengkompresi file-file besar. Hasil akhir kompresi pun juga berkualitas tinggi. rar dapat mengkompresi sekitar 70% dari ukuran asli data anda. sedangkan zip hanya dapat mengkompresi sekitar 60% dari ukuran asli data anda. anda bisa mendapatkan hasil kompresi yang lebih kecil dengan rar, namun anda perlu menunggu lebih lama daripada sebelumnya. Karena kualitas kompresi rar yang tinggi ini memang membutuhkan waktu yang lama. berbeda dengan zip yang cepat dan mudah.

Proteksi keamanan

Bagaimana jika anda memiliki dokumen-dokumen penting yang bersifat rahasia? Akan lebih baik bila anda menyimpannya dalam satu paket yang terlindungi password. Hal ini juga dimungkinkan dalam Rar dan Zip. Anda dapat mengkompresi file-file rahasia anda ke dalam rar atau zip. Kemudian anda bisa mengatur password yang anda inginkan untuk file tersebut. data-data penting anda akan teramankan dari orang lain.
Namun rar dan zip memiliki perbedaan dalam soal keamanan ini. file ekstensi rar memiliki pengaturan password yang sudah terpasang dari awal di dalamnya. Sedangkan zip memiliki kelemahan dalam hal ini. zip membutuhkan aplikasi pendukung lain untuk mengatur password keamanan. Zip tidak dilengkapi dengan fitur pengaturan password di awalnya. Sehingga ini membuat file rar dapat diamankan dengan lebih mudah.
Sementara tingkat proteksi keamanannya dapat dilihat dari tipe enkripsi yang digunakan. Jadi tingginya proteksi keamanan tidak bisa dinilai secara langsung, seperti rar memiliki keamanan lebih tinggi dari zip atau sebaliknya. Program ekstraksi terbaru kini telah dilengkapi dengan enkripsi AES-256. Enkripsi ini sangat kuat. Hingga diperlukan bertahun-tahun bagi sebuah superkomputer untuk membobol sandinya

Algoritma yang dipakai

Hal ini adalah perbedaan mendasar yang ada pada rar dan zip. Rar dan zip merupakan dua format kompresi sebuah file. Dalam mengkompresi sebuah file, diperlukan adanya sebuah algoritma. Dan inilah letak perbedaan rar dan zip. Zip menggunakan algoritma Deflate. Sedangkan rar menggunakan algortima LZMA. Selain algortima yang digunakan, ternyata rar dan zip juga diciptakan oleh orang yang berbeda pula. Rar ditemukan oleh Eugene Roshal. Sedangkan zip ditemukan oleh Phil Katz.
Itulah perbedaan yang terdapat antara file rar dan zip. Dalam penggunaan secara umum file rar maupun zip memang memiliki perbedaan. Namun dalam beberapa aspek detail, rar dan zip sama sekali berbeda. Anda dapat memilih menggunakan format rar ataupun zip dalam mengkompresi file-file anda. tentunya sesuai dengan spesifikasi yag ada inginkan. apabila anda penikmat film dan ingin mengkompres ukurn sebuah file film, anda dapat memilih rar yang memiliki kelebihan dalam mengkompresi file besar. sedangkan jika anda ingin mengirim sepaket data pada teman anda dengan praktis, anda dapat memilih zip yang dapat mengkompresi file dengan lebih cepat

Cara Men-setting Hasil Kompressan WinRAR

1. Buka WinRAR
image

2. Pilih Menu Options, lulu klik Setting :
image

3. Kemudian klik tab Compression:
image

4. Kemudian klik Create default..
image

5. Kemudian Pilihlah Archive Format.Jika Anda menginginkan hasil kompresan berformat *.RAR, pilihlah RAR.Jika Anda menginginkan hasil kompresan berformat *.ZIP, pilihlah ZIP
image

6. Kemudian klik OK. Setelah itu klik OK lagi.
image

Cara Cepat Mengompress File atau Folder dengan WinRAR

1. Klik kanan pada folder atau file yang ingin dikompres, setelah itu klik Add to NamaFolderAnda.rar
image
Jika dalam setting, format kompresan diatur sebagai RAR, maka hasil kompressan akan berupa *.rar.
Jika dalam setting, format kompresan diatur sebagai ZIP, maka hasil kompressan akan berupa *.zip.

2. Setelah itu tunggu sejenak, WinRAR sedang melakukan kompres.
image

3. Setelah proses kompres berhasil, maka akan terlihat hasilnya.


Cara Cepat Mng-ekstrak Kompressan dengan WinRAR

1. Klik kanan pada file kompressan, kemudian klik Extrack to NamaFolderAnda\
image

2. Kemudian tunggu sejenak, WinRAR sedang meng-ekstrak
image

3. Setelah proses ekstrak berhasil, akan terlihat hasilnya
image

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews

Like us on Facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *